Evaluasi dan Koordinasi Pelaksanaan Sistem Presensi Online

Presensi Online

Badan Kepegawaian Daerah melalui Bidang Inka melaksanakan kegiatan Evaluasi dan Koordinasi Pelaksanaan Sistem Presensi Online yang dilaksanakan Pada tanggal 3 Desember 2019 di Hotel ISTANA Kabupaten Tulungagung dengan mengundang seluruh Pejabat Struktural Sekretaris pada OPD, Kecamatan dan Kelurahan se Kabupaten Tulungagung sebanyak 170 orang.  Hadir dalam acara tersebut yaitu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Arief Boediono, M.Si dan sebagai Narsumber yaitu Bayu Wardani dari CV. Adisatya Kediri dan Joko Sulistyanto dari PT. Harrisma – Yogyakarta.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis Berita Acara Serah Terima Mesin Presensi Elektronik kepada Dinas / Instansi. Selanjutnya Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tulungagung Bapak Drs. Arief Boediono, M.Si dalam Sambutannya Beliau menyampaikan Pemerintah Kabupaten Tulungagung telah melaksanakan pemberian tunjangan kinerja pada tahun 2019 ini. Tunjangan tersebut diharapkan dapat memberikan dampak yang berarti terhadap peningkatan kinerja setiap ASN maupun kinerja organisasi secara umum. Sebagaimana diketahui kinerja birokrasi yang baik akan sangat berpengaruh terhadap tercapainya visi misi Bupati Tulungagung saat ini.

Salah satu unsur pemberian tunjangan kinerja adalah disiplin ASN berdasarkan kelas jabatan. Untuk mendukung pelaksanaan pemberian tunjangan tersebut Badan Kepegawaian Daerah telah menyiapkan sistem presensi online dan fasilitasi pengadaan mesin presensi elektronik. Melalui sistem tersebut, kehadiran ASN dapat terpantau secara real time, tercatat jam kedatangan maupun kepulangannya, hingga total jam kerjanya selama satu periode. Sebagai informasi saat ini kami telah memasang 208 mesin presensi online yang terpasang di 50 perangkat daerah, termasuk kelurahan, UPTD dan SMP. Bahwa pelaksanaan sistem presensi online yang telah berjalan selama ini masih banyak kendala dan kekurangan, dengan diadakannya acara ini, Beliau mengharapkan saran dan masukan dari para hadirin semua agar kita bersama bisa mewujudkan sistem ini menjadi lebih baik.